JAKARTA – Dalam menghadapi musim hujan dan potensi banjir, PLN terus meningkatkan pengawasan terhadap sistem kelistrikan guna memastikan keselamatan masyarakat. Hingga saat ini, tidak ada laporan korban jiwa akibat sengatan listrik selama musim hujan tahun 2025.  

Tim Leader K3L UID PLN DKI Jakarta wilayah Cempaka Putih, Thomas Anggoro, menjelaskan bahwa pemantauan ketat dan respons cepat tim PLN telah berperan besar dalam mencegah kecelakaan listrik di wilayah terdampak.  

Kami melakukan monitoring secara berkala dan menerapkan prosedur ketat untuk menjaga keamanan jaringan listrik di daerah rawan banjir. Sejauh ini, kami berhasil mempertahankan zero accident, ujar Thomas di posko siaga banjir PLN.  

Upaya PLN dalam Mitigasi Risiko Listrik Saat Banjir  

PLN telah menerapkan sejumlah strategi untuk memastikan keselamatan masyarakat, antara lain:  

Iklan Setalah Paragraf ke 5

1. Pemantauan dan Antisipasi  
   PLN bekerja sama dengan BMKG dan otoritas setempat dalam memantau debit air dan potensi banjir di berbagai wilayah.  

2. Pemeriksaan dan Pengamanan Jaringan  
   Tim PLN rutin melakukan inspeksi terhadap instalasi listrik di rumah warga, fasilitas umum, dan pompa air untuk mencegah potensi bahaya akibat arus listrik.  

3. Tindakan Pencegahan Darurat  
   Jika ditemukan risiko yang dapat membahayakan masyarakat, PLN siap melakukan pemadaman listrik secara selektif untuk mencegah insiden tersetrum.  

4. Edukasi Keselamatan Listrik  
   PLN aktif mengedukasi masyarakat mengenai bahaya listrik saat banjir melalui berbagai kanal komunikasi, termasuk media sosial dan sosialisasi langsung di lapangan.  

5. Pemulihan Cepat Pasca Banjir  
   Setelah banjir surut, PLN segera melakukan pengecekan dan pemulihan jaringan listrik untuk memastikan pasokan kembali normal dengan aman.  

Harapan Masyarakat untuk Peningkatan Layanan  

Langkah sigap PLN mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Joko Priyoski, Koordinator Nasional Kaukus Eksponen Aktivis '98 (KEA '98), menyampaikan bahwa PLN telah bekerja cepat dalam memastikan layanan listrik tetap aman bagi masyarakat. Namun, ia juga menyoroti perlunya peningkatan kinerja aplikasi PLN Mobile, terutama saat pelanggan mengalami kendala dalam pengisian token listrik pada malam hari.  

"Kami mendukung langkah PLN yang sudah bekerja nyata dalam pelayanan masyarakat. Namun, masih ada ruang perbaikan, terutama dalam optimalisasi sistem digital agar memudahkan pelanggan di situasi darurat", kata Joko, pada 12 Maret 2025.

Dengan berbagai langkah proaktif ini, PLN berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan dan menjaga keamanan sistem kelistrikan, terutama saat musim hujan. Masyarakat diimbau tetap waspada dan segera melaporkan potensi bahaya listrik ke Contact Center PLN 123 agar dapat segera ditindaklanjuti.*