DAMRI Hadir Layani Konektivitas KSPN Menuju Sirkuit Mandalika
JAKARTA,- Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, merupakan tempat perhelatan ajang World SBK pada 2021 lalu yang berada di bawah naungan Federasi Sepeda Motor Internasional atau Federation Internationale de Motocyclisme (FIM). Sirkuit Mandalika ini hingga 2022 menjadi salah satu rute KSPN yang dilayani DAMRI.
“Dalam hal ini, DAMRI hadir melayani angkutan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Kota Mataram dengan mengerahkan 15 unit armada bus terbaik yang akan dioperasikan untuk mendukung pengembangan pariwisata di wilayah tersebut.” tutur Plt. Corporate Secretary DAMRI Siti Inda Suri.
Tambahnya, hingga tahun 2022, DAMRI telah melayani lebih dari 30 trayek KSPN yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk wisata di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika, yaitu di wilayah Pantai Kuta Mandalika yang terletak di Desa Kuta, Lombok Tengah.
Berikut beberapa rute KSPN yang dilayani DAMRI menuju Mandalika, di antaranya:
1. Pusat Kota Mataram (melalui Terminal Mandalika dan Epicentrum) – Pantai Kuta Mandalika (melalui Sirkuit).
Tarif sebesar Rp17.000,00. Jadwal keberangkatan jam 07.00 hingga 14.00 WITA.
2. Pelabuhan Lembar – Pantai Kuta Mandalika (melalui Sirkuit).
Tarif sebesar Rp25.000,00. Jadwal keberangkatan jam 13.00 dan 14.00 WITA.
3. Pelabuhan Kayangan – Pantai Kuta Mandalika (melalui Sirkuit).
Tarif sebesar Rp15.000,00. Jadwal keberangkatan mulai jam 09.00 hingga 14.00 WITA.
Selain rute-rute di atas, DAMRI juga melayani rute lain di Mataram seperti :
1. Bandara Internasional Lombok – Bangsal (melalui 3 Gili).
Tarif yang dikenakan sebesar Rp20.000,00. Jadwal keberangkatan mulai jam 06.00 hingga 18.00 WITA.
2. Bangsal – Geopark Rinjani.
Tarif sebesar Rp20.000,00,- dengan jadwal keberangkatan jam 08.00 hingga 14.00 WITA yang beroperasi setiap 2 jam sekali.
Pelanggan yang ingin menikmati layanan tersebut dapat melakukan pemesanan tiket di aplikasi DAMRI Apps, portal damri.co.id, serta kanal penjualan tiket resmi lainnya. Kemudian pelanggan dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan non tunai/cashless di berbagai platform digital seperti OVO, DANA, ShopeePay, RedBus, Alfamart dan Indomaret.
DAMRI memberikan keunggulan berupa tarif yang terjangkau dan penggunaan armada yang nyaman dan terjangkau. “Sejalan dengan tujuan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, yakni memberikan kemudahan perjalanan wisata yang aman, nyaman, dan tentunya sangat terjangkau.” tambah Siti Inda.
DAMRI menargetkan layanan KSPN ini setidaknya dapat meraup kurang lebih 14.000 pelanggan dalam satu tahunnya. KSPN sendiri merupakan kawasan yang memiliki fungsi utama yaitu pengembangan pariwisata dengan tujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah tertentu.
Siti Inda menjelaskan, “Hadirnya angkutan DAMRI KSPN di Pulau Lombok ini dapat menjadi wujud nyata kontribusi DAMRI untuk mendukung dan memajukan pariwisata Indonesia, khususnya NTB. Tidak hanya berhenti untuk mendukung Mandalika saja, namun juga di seluruh destinasi super prioritas lainnya, yang tentunya akan membawa harum nama bangsa Indonesia di kancah dunia, terlebih di bidang pariwisata.”tutupnya.
Tentang DAMRI
DAMRI adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang transportasi darat. Berkantor pusat di Jakarta, DAMRI saat ini memiliki 4 Divisi Regional, serta 57 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Berdiri sejak 25 November 1946, DAMRI berupaya menjadi perusahaan transportasi kelas dunia yang handal, berkinerja unggul, dan berkelanjutan, dengan menjalankan prinsip Good Corporate Governance (GCG) dalam aktivitas usaha perusahaan. (**)